Entri Populer

Senin, 24 Agustus 2009

Pelajaran

Biar kata orang, diri saya punya jiwa dagang tapi sesungguhnya saya pribadi yang lembut, mmmh..
gak ada hubungan sama sekali. Menurut sebagian pendapat, orang yang berdagang harus berjiwa keras, agak muka tembok dan tegaan. Anehnya itu semua gak ada di saya. Sumpe lu, boleh tanya sama pihak2 terdekat saya, kompie, hp, kacamata xi3...Sejak menjajal kemampuan di bidang wirausaha ini, ada beberapa teman yang sampai saat ini belum melunasi hutang2nya tapi..... saya gak tega ! (bukan riya, bukan saran, bukan gak perlu duit dan bukan empat mata ! ;p). Memang sikap tersebut bisa dibilang merugikan dari segi prinsip teman ya teman, bisnis itu bisnis ! Gak pandang siapa yang berhutang pokoke mak nyus eh bayar !! he3.. But..it's me, slalu ada pertimbangan yang harus dipikirkan.
Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari salah satu 'hobby' yang menjanjikan sekaligus ada resiko ini. Baik itu menambah income kecil2an maupun merugi besar2an. Lantaran berasumsi sendiri dan yakin bin pede bahwa barang dagangan saya dibeli oleh tetangga eh ternyata eh ternyata sang pembokat jadi biang masalah. Semula sang tetangga mau nuker tuh dagangan tapi sang pembokat segan entah alasannya apa (padahal penampilan saya kalem loh alias kalo marah ngelempar hi3...) gak juga mengembalikan kepada saya, dan sang tetangga pun gak tau..ck ck ck...sabarrrr. Akhirnya, setelah saling menunggu 6 bulan !!! You know what ? Yang tadinya mau beli dagangan itu ternyata temen tetangga dan sang tetangga mau mengganti 'kerugian' itu, tapi tunggu akhir bulan alias gajian. Jelas2 saya tolak dengan halus. Tuh..bayangkan betapa 'sabarnya' saya (kadang2!). Akhirnya demi persatuan dan kesatuan sesama tetangga, saya pun mengibarkan bendera putih. Barang dagangan pun kembali ke pangkuan ibu pertiwi setelah berbulan2 lamanya meninggalkan tanah air tercinta hiks..
Intinya..di setiap hal atau masalah, apapun itu termasuk usaha, jangan pernah buat asumsi sendiri. Karena pada akhirnya merugikan diri kita sendiri. Harus dipastikan, kalo perlu dengan bukti hitam di atas putih, bukan semut main futsal di atas tepung ketan loh he2...

2 komentar: